Rabu, 30 Januari 2013

INDONESIA vs KOREA

Hari ketigapuluh di tahun duaributigabelas.

Tahu Music Bank kan?

Tahun ini, Music Bank bakalan di gelar di Jakarta. Rencananya, tanggal 9 Maret, artis-artis Korea macam Super Junior, Shinee, 2PM, Beast, Sistar dan Eru bakalan jadi bintang tamunya. Selain mereka, artis-artis Indonesia yang “talented” juga dikabarkan bakalan ikut memeriahkan Music Bank.

Music Bank sendiri di gelar sebagai bentuk peringatan kerjasama 40 tahun Korea Selatan dengan Indonesia. Makanya, denger-denger, Mr. Jokowi menyambut baik acara ini.

Tadinya saya pikir, kalau ini acara yang masih menyangkut hubungan kerjasama kedua negara, harusnya tiketnya greeetooonggg. Dibayar pake uang pribadinya Pak Siwon Bambang Yudhoyono hehehehe

Oke. Kali ini kita emang gak ngebahas Music Bank.

Justru yg mau saya bahas itu, kedua negara tadi yang konon kabarnya sudah bekerjasama hampir 40 tahun. Hmmmmm......

Bagi K-Popers, K-Dramers, Penggila Running Man ataupun orang-orang Indonesia yang sedang terjangkit virus Ke-Korea-Korea-an, mereka menganggap Korea Selatan adalah rumah kedua. Rumah kedua yang bisa memberikan kebahagian yang terkadang lebih besar daripada rumah pertama.

Bukan bermaksud membandingkan. Tulisan ini, semoga bisa jadi sesuatu yang dapat dinikmati dan tentu saja bermanfaat.

Saya ingin memaparkan, tentang 6 hal, yang kalau Korea punya, sebenarnya Indonesia juga punya. Apa ajah sih 6 hal itu....

Bersama sayaa, dalam liputan admin KECETEVE ~

1) PEJABAT DUNIA (Mereka orang-orang pintar, di dunia internasional).

KOREA –

BAN KI MOON (dibaca : Bang Ki Moon. Kebetulan gak ada hubungan sodara sama Bang Toyib).


Siapa itu BAN KI MOON? Sepupunya Sailor Moon?

Bukan. BAN KI MOON bukan siapa-siapanya Sailor Moon.

BAN KI MOON adalah Sekjen PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) sejak Kofi Anan resmi tidak menjabat lagi sebagai Sekjen PBB. Itu berarti, BAN KI MOON sudah menjabat sebagai Sekjen PBB sejak Januari 2007. BAN KI MOON terpilih lagi sebagai Sekjen PBB untuk periode kedua, jadi BAN KI MOON dijadwalkan akan terus memimpin PBB hingga tahun 2016.

Masa Jabatan BAN KI MOON >>>
Periode 1 :Januari 2007 s/d Desember 2011.
Periode 2 : Desember 2011 s/d 2016.


INDONESIA –

Korea punya BAN KI MOON, maka Indonesia punya SRI MULYANI dan BJ HABIBIE.

Terlepas dari kontroversi SRI MULYANI di tanah air, tapi kita tetep gak bisa menampik, kalau perempuan satu ini, punya prestasi yang luar biasa di luar negri. 


SRI MULYANI terpilih sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia atau President of The World Bank. Dan karna jabatannya sekarang, Sri Mulyani akhirnya harus menetap di Amerika. Baru-baru ini saya juga sempat melihat beliau ditayangan VOA, pada saat SRI MULYANI menghadiri paduan suara anak-anak Indonesia di Amerika.

HABIBIE? Beliau adalah mantan presiden Replubik Indonesia dan hampir seluruh rakyat Indonesia mengenalnya & bangga akan prestasinya. 


Baru-baru ini bahkan, kisah cinta habibie bersama istri tercintanya Ibu Ainun sukses di angkat ke layar lebar. Selain sebagai panutan dari kisah cinta sejati dan rumah tangga yang langgeng, film ini juga mampu menghadirkan romantika kisah cinta dan semangat berjuang yang tinggi dari seorang BJ. Habibie.


2) GO INTERNASIONAL (Mereka yang terus semangat, menggapai mimpi-mimpinya).

KOREA –

Korea Mendunia. 
Ungkapan ini saya pikir tepat. Demam Korea mampu menguasai seluruh pasar internasional. Asia, Eropa dan Amerika adalah 3 benua yang banyak dari negaranya mulai menyukai Korea. 

Banyak dari artis-artis Korea yang Go Internasional. Sebut saja PSY, dengan Gangnam Style-nya, si Ahjussi itu mampu bersaing dengan artis-artis papan atas di negeri paman Sam.

Selain si Ahjussi itu, ada juga anak-anak muda yang begitu terkenal di luar sana. Misalnya Big Bang, Super Junior, 2PM, Wonder Girls, SNSD, 2NE1 dan masih buaaaanyak lagi.





INDONESIA –

Indonesia? Indonesia punya bnyk artis yg “berniat” GO INTERNASIONAL. Tapi hanya segelintir saja yg pada akhirnya benar-benar GO Internasional.

Anggun C Sasmi adalah salah satu bukti. 


Perempuan yang kini menetap di Paris, Perancis itu memang sudah cukup lama meninggalkan tanah air. Namun bukan berarti Anggun lupa dengan tanah airnya. Lihat saja Anggun, kulit coklat eksotisnya dan rambut panjang hitam khas gadis Indonesia tak lepas dari image-nya.

Selain Anggun tentu saja masih ada lagi. Agnes Monica, Shandy Sandoro, Iko Uwais, Gugun Blues Shelter. Kira-kira siapa lagi ya artis Indonesia yang benar-benar Go Internasional??


3) BUSANA KEBANGGAAN (Busana yang terkenal di dunia Internasional).

KOREA –

Korea Selatan menyebutnya Hanbok. Sementara Korea Utara menyebutnya  Chosŏn-ot. Keduanya adalah pakaian tradisional khas Korea.

Hanbok sering kita jumpai diberbagai drama Korea. Mulai dari drama modern sampai drama yang berlatar dinasti Joseon. Selain di drama, banyak artis Korea yang juga mengenalkan Hanbok lewat foto-foto yang mereka sebar lewat jejaring sosial, atau pada hari perayaan tertentu di program-program music.
Hanbok termasuk pakaian yang sangat sopan. Karna Hanbok hampir menutupi seluruh tubuh kecuali bagian rambut dan wajah.


In Guk dan Eun Ji :)

INDONESIA –

Ada yang sudah pernah menonton Nice Guy drama terbarunya Song Joong Ki?
Nah di drama itu, saat episode 2 akhir dan episode 3 di awal, di adegan pesawat saat Kang Maru mau menyelamatkan Suh Eun Geh, Han Jae Hee hadir dan ternyata perempuan cantik itu menggunakan baju bermotif batik. Waah bangga yaaah \(^0^)/


Indonesia juga harusnya patut bangga punya Batik. Duluuuuuuuuuuu, sebelum batik di akui di dunia internasional. Banyak orang yang berfikiran –terutama anak muda- kalau batik itu kuno dan kolot. Tapi sekarang, batik begitu berkembang, bukan hanya di Indonesia tapi juga di dunia internasional.

Tahun 2009, UNESCO akhirnya menjadikan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan & Nonbendawi. Dan sejak saat itu, setiap tanggal 2 Oktober, kita memperingatinya sebagai hari batik nasional =)


4) PULAU (Melihat indahnya alam Korea dan Indonesia).

KOREA –

Heartstring, Boys Before Flowers, dan Secret Garden adalah segelintir drama Korea yang pernah mengambil latar tempat di pulau Jeju. 

Jeju Island

Pulau Jeju (Jeju-do) adalah pulau terbesar di Korea dan terletak di sebelah selatan Semenanjung Korea dan Jeju adalah satu-satunya provinsi berotonomi khusus Korea Selatan. Dalam catatan sejarah, Jeju disebut dalam berbagai nama, mulai dari Doi, Dongyeongju, Juho, Tammora, Seomna, Tangna atau Tamra.


INDONESIA –

BALI itu INDONESIA. Tapi INDONESIA tidak selalu tentang BALI ^^
Harusnya begitu. Namun sayang, banyak orang yang tidak tahu kalau Bali itu adalah salah satu pulau di Indonesia.


Bali merupakan salah satu pulau terindah di Indonesia. Bali juga merupakan salah satu tempat dimana masyarakatnya sangat bergantung dari hasil pariwisata. Jadi jangan heran, Bali itu penuh dengan turis-turis domestik dan juga asing. Banyak juga ternyata artis Korea yang pernah mampir dan main-main ke Bali. Kayak Yoon Eun Hye, Park Shi Ho, Jessica SNSD, Micky Yoochun dan UEE After School. kebanyakan dari mereka, datang ke Bali untuk pemotretan. 


5) MAKANAN (Menggoyangkan lidah, inilah yang terlezat).

KOREA –

Saya pernah membaca. Katanya, KIMCHI adalah salah satu dari lima makanan paling sehat di dunia.
Kimchi
Setiap kali kita menonton drama Korea, kita pasti akan menemukan Kimchi disana. Orang Korea juga sering mengucapkan "kimchi" sewaktu berfoto agar terlihat sedang tersenyum sebagai pengganti kata "cheese".

Selain Kimchi kita sering tergiur dengan makanan seperti Ttobopki, sup ayam gingseng (Samgyetang) dan Jjajangmyun.Di drama Korea atau variety show Running Man, makanan-makanan sering hadir juga dan itu mampu menggugah selera ~~
Tteokbokki

Jjangmyun

Samgyetang
Tapi kalau boleh jujur, meskipun saya penikmat cowok-cowok Korea, tapi kalau soal makanan, saya lebih suka masakan Jepang :D


INDONESIA –

RENDANG. Pernah denger rendang dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia?

Rendang
Nah, rendang makanan khas Padang ini, kabarnya cukup mendunia sodara-sodara. Bagi kita-kita yang orang Indonesia terutama Jakarta, masakan Padang adalah makanan sehari-hari. Warung nasi Padang betebaran dimana-mana. Selain harganya yang terjangkau, masakan Padang adalah makanan yang cocok untuk seluruh lidah rakyat Indonesia.

Selain rendang, Mpek-mpek, Siomay, Gado-gado juga harusnya masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia yaaa hihihihi

Kira-kira makan apa lagi yaaa yang paling enak dari Indonesia?? :D


6) ALAT MUSIK (Alat musik ini menggema di seluruh dunia).

KOREA –

GAYAGEUM adalah alat musik tradisional Korea yang sering wara-wiri di berbagai acara di Korea. Mulai dari drama, sampai variety shownya. Gayageum sendiri adalah alat musik petik tradisional Korea yang berupa kecapi dengan 12 senar.


INDONESIA –

Ada banyak sekali alat musik tradisonal dari Indonesia. Tapi kali ini, saya akan menempatkan ANGKLUNG disini. Why? Because..... *oke balik lagi pake bahasa Indonesia -___-
Karena Angklung, pernah mengguncangkan dataran Amerika pada tahun 2011. 



Tahun 2011 lalu, ada lebih dari 5000 warga negara Amerika yang bermain Angklung dan di pandu oleh Daeng Udjo dari Saung Angklung "Udjo" di Bandung, Jawa Barat. Kegiatan ini bahkan masuk ke dalam "Guinness World Records" permainan angklung dengan peserta multibangsa terbanyak setelah lebih dari 5.000 orang mampu memainkan lagu "We Are the World" di Washington DC, Amerika Serikat. Bangga !!!
Kita yang orang Indonesia, bisa gak yaa main Angklung?? ~~~

Nah, itu tadi 6 hal, yang kalau Korea punya, maka Indonesia juga punya. Dan 6 hal diatas tadi, menandakan kalau Indonesia gak kalah kece sama Korea kan?? :D

Saya sering mengibaratkan. Mengibaratkan Indonesia adalah PACAR dan Korea  adalah SELINGKUHAN. Terkadang, kita emang lebih sayang sama SELINGKUHAN daripada PACAR kan?? Hihihihihi :p

*teriakpaketoa*
*sambilbikinSaranghae*

AKU CINTA INDONESIA !!!

AKU CINTA KOREA !!!

I LOVE YOU LEE DONGHAE !!! Loh (?)

Pokoknya mah MERDEKA yaaaa !!! \(^0^)/

15 komentar:

  1. hahahha, I LOVE INDONESIA, I LOVE KOREA.....postingan nya keren minn...sekali merdeka tetap merdeka minnn..:D

    BalasHapus
  2. iya setuju. . . AKU CINTA INDONESIA !! CINTA KOREA.. CINTA AYAH.. CINTA IBU..

    BalasHapus
  3. @Devi : Terimakasih ^^

    @Rika : hihihii bagus anak berbakti harus cinta Ayah dan Ibu =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. min, boleh copas kan?? entar aku kasih semua orang kalo ini bukan tulisan gue, tp tulisan admin terkece di @thedramakorea.
      boleh ya?? *puppy eyes

      Hapus
  4. .dua jempol kaki untuk admin ahahah :D

    BalasHapus
  5. harusnya ketoprak juga masuk makanan yang paling enak se-indonesia ^^

    BalasHapus
  6. @Zahroh : Tapi jempol kakinya Song Joong Ki yeee ^^

    @Brigitta : Iyadeh boleh. Tapi aku lebih demen mpempek :D

    BalasHapus
  7. Minceeee... kalo lo perhatiin di Nice Guy juga ada topeng ama ukiran Bali. Gak heran sih,Turis dari Korea emang paling sering ke Bali. Maklum, Korea kan pantainya gak indah2 banget sementara di Bali.. Subhanallah indahnya. Abang Yoochun aja pas maen ke Bali sampe ngelamun galau di tepi tebing Uluwatu. Huhuhuhuhu Abang Yoochun... *lohhh..ikutan galau*

    BalasHapus
  8. keren banget min postingannya
    pokoknya
    I LOVE INDONESIA
    I LOVE KOREA :)

    BalasHapus
  9. kerennn min.. kalo' ada yang lebih keren posting lg ya min
    I LOVE INDONESIA'
    I LOVE KOREA
    I LOVE DONGHAE, KYUHYUN, EUNHYUK (?) *ikutan gaya si mimin :p

    BalasHapus
  10. Min, aku pernah ngeliat di salah satu scene 'Princess Hours' ada nyempil sepasang patung kayu yang berpakaian pernikahan adat Jawa._. #kalautidaksalah

    BalasHapus
  11. Bangga pada negara Indonesia dan Bangga pada negara Korea

    BalasHapus
  12. wah...postingannya bagus,,,tapi tambahin lagi dong???
    itu tadi kan udah posting makanan khasnya truss tambahin minuman khasnya misalnya korea punya hwachae,soju kalau indo punya wedang ronde,,truss tentang rumah adat,tentang permainan tradisional anak-anak,model pakaian sekolah, de el el ^^

    BalasHapus
  13. minnnn
    update lagi dong blog nya hmmm
    padahal ini blog yg enak bgt kalo dibaca hikss
    thanks before minn~~~

    saranghae :D

    BalasHapus