Jumat, 07 Desember 2012

10 Realita Hidup yang ada di Drama Korea (1)


Karna hidup tak seindah drama Korea.
Yeah, terkadang banyak hal-hal yang terlampau indah yang ada di drama Korea, sampe bikin kita jadi ngayal-ngayal PE’A berharap hidup kita juga indah.

Tapi tapi tapi.....

Sesungguhnya tidak semua cerita di drama Korea itu manis dan romantis. Ada beberapa realita kehidupan yang juga diangkat di drama Korea. Dan realita-realita kehidupan seperti itulah yang tragis.

Mari kita lihat, realita kehidupan tragis di drama Korea. Bersama saya Mario Teguh, semoga kita bisa mengambil pelajaran berharga dari kisah-kisah tragis di drama Korea berikut ini ~



1) PENGKHIANATAN.

Duh, rasanya gimana gitu. Kata-kata pengkhianatan kok sepertinya drama banget hehehe
Tapi begitulah. Di drama Korea banyak sekali pengkhianatan terjadi. Mulai dari pengkhianatan yang terang-terangan, sampai pengkhianatan rahasia.
Siapa sih yang mau dikhianatin, apalagi dengan orang terdekat kita, seperti dengan sahabat, kekasih, atau orangtua kita sendiri.

Tahu cerita 49 Days kan? Nah, di drama itu kentel banget aroma pengkhianatannya. Siapa lagi kalau bukan Shin In Jung dan Min Ho yang tegaa.. sungguh teganya teganya teganya teganya.... mengkhianati Shin Ji Hyun yang terlampau polos.




begitulah salah satu kutipan yang ada di 49 Days. 
Bagaimana tidak, In Jung dan Min Ho tega sekali mengkhianati Ji Hyun selama bertahun-tahun. Mereka merencanakan hal-hal jahat itu selama hampir dua tahun. Tujuannya Cuma satu : HARTA AYAH JI HYUN. Ah.... lagi-lagi uang....

Dream High juga mungkin begitu. Memang pengkhianatan yang dilakukan Baek Hye gak sepenuhnya salah dia juga sih. Baek Hye kayak gitu juga karna Go HyeMi yang abis-abisan ngerendahin Baek Hye, sampai akhirnya Baek Hye bangkit dan nunjukin kalo dia bisa lebih hebat dari pada Go Hye Mi. Maybe, betrayel macam begini bisa memotivasi seseorang jadi lebih baik lagi.



Princess Prosecutor dan City Hunter adalah pengkhianatan yang dilatari balas dendam. 
Kalau dalam Princess Prosecutor, Park Shi Ho dipaksa untuk mengkhianati jaksa cantik itu, demi membalas dendam kematian ayahnya yang dilakukan oleh Ayah jaksa cantik itu. 


Lain halnya dengan City Hunter. Dia abis-abisan dikhianatin sama orang yang selama ini udah dianggap seperti Ayahnya sendiri. Pengkhianatan itu akhirnya ngebawa City Hunter untuk menentukan pilihan-pilihan yang sulit.


Ada yang bilang kalau Ibu Tiri itu lebih kejam daripada Ibu Kota. Yaaa meskipun gak semuanya, tapi dua ibu tiri di Cinderella Step Sister dan Brilliant Legacy beneran aselik jahadddddnyaa. Mereka bersikap baik pada saat suami mereka masih hidup, tapi tiba-tiba mendadak jadi serigala ketika suami mereka sudah pada mati. Dan itu bener-bener ngebuat anak-anak tiri mereka menderita lahir dan batin ~

Cinderella Step Sister

Brilliant Legacy


2) BERTEPUK SEBELAH TANGAN.

Cinta. Cinta. Deritanya tiada akhir.

Cinta sih gak pernah salah. Rangganya ajah tuh yang keterlaluan cool. :p

Ngomongin cinta mah gak ada abisnya. Semua drama Korea, ujung-ujungnya juga cinta.

PUPUS. Bertepuk sebelah tangan. Diberi harapan palsu. Saling cinta tapi gak bisa bersama. Yaa itulah realita cinta di drama Korea.

Hampir semua drama Korea, ada tokoh yang ngerasain cinta bertepuk sebelah tangan. Tapi tokoh-tokoh kayak 

Yong Hwa di You Are Beautifull, 


Bae Soo Bin di Brilliant Legacy, 


Jung IL Woo di Moon Embraces Sun, 

QaQa yang naksir sama Han Ji Eun di Full House, 

sampai QaQa Taecyon di Dream High adalah pria pria yang mengalami cinta bertepuk sebelah tangan yang amat menderita. 

Kebanyakan dari mereka itu selalu ada di dekat cewek yang disukanya. 

Lihat ajah di Brilliant Legacy, Eun Sung, lebih dekat sama Bae Soo Bin ketimbang sama Lee Seung Gi yang suka sekali marah-marah. Go Mi Nam juga gitu, dia lebih sering berantem sama Tae Kyung sehingga bikin dia lebih dekat sama Yong Hwa-nya. Cowok-cowok ini juga digambarkan lelaki-lelaki idaman mertua. Mereka tampan, lembut dan penyayang, gak seperti saingan mereka atau peran utama prianya yang cenderung suka marah-marah dan kasar.

Bukan cuma para cowok, para cewek juga banyak tuh yang ngerasain cinta bertepuk sebelah tangan. Sebut saja Yoon Baek Hye, Moon Chae Won di Brilliant Legacy dan My Fair Lady. Si cantik Suzy Miss A, bahkan juga jadi korban pupus di drama Korea terbarunya yang judulnya BIG.


Setelah liat adegan diatas, lalu kemudia Suzy menangis :'(


3) KANDUNG DAN BUKAN KANDUNG.

Agak susah mau nulis ini.

Dalam realita kehidupan yang kayak gini sebenernya ada. Cuman disekitar saya, saya belum nemuin yang kayak gini.

Di drama Korea biasanya ada cerita, kalau si anu bukan anak kandungnya si anu *jengjeng*.

Cerita lain lagi, kalau si anu ternyata adalah anak kandung si anu, Cuma kedua anu itu, memang belum tahu dan menyadari *jengjeng*

Mungkin kalo yang suka nonton anakku bukan anakku. Ataupun putri yang ditukar, mungkin paham banget sama cerita yang kayak gini hehehe

Endless Love adalah salah satu drama Korea yang menjadi pelopor kisah tukar, tertukar, menukar anak di sinetron Indonesia. Karna di drama ini, semuanya juga bermula dari kenyataan bahwa Eun Suh sesungguhnya tertukar dengan Shin Ah. Eun Suh selama ini ternyata bukanlah anak kandung Ayah dan Ibunya yang orang Kaya. Tapi Eun Suh ternyata cuma anak seorang Ibu miskin.

Kalau yang diatas kenyataan bukan anak kandung. Nah kalo yang ini ternyata adalah anak kandung. 

City Hunter yang ternyata anak kandung Pak Presiden. 

Jang Miri Miss Ripley yang ternyata anak kandung Kemiri dan Ketumbar.
Salah.
Gue kira mereka keluarga bumbu dapur -____-
Yak, ternyata Jang Miri adalah anak dari Ibu tirinya Yoo Hyun yang gak lain adalah pacarnya Mi Ri waktu itu.

Dan yang terakhir adalah Panda Hedgehog. Go Seung Ji yang diperanin sama Donghae, ternyata punya Ayah kandung, tapi Ayah kandungnyanya itu justru musuhnya selama ini.

Tragis. Ckckckckkc....

4) PERCERAIAN DAN SAUDARA TIRI

Humm... Cerai. 
Realita yang ada, itu banyak terjadi di sekitar kita. 
Kalo di drama Korea sendiri kejadian perceraian itu ada di drama Korea Queen Of Reserval. Orang yang cerai sama putus pasti rasanya beda. Orang cerai, dijamin deh tingkat kegalauannya 70 kali lebih tinggi daripada orang yang putus pas lagi pacaran. *ngunyahSyapulJamil* -____-


Nah, kalo saudara tiri, Ibu tiri, Ayah tiri ataupun Ikan Tiri. 
Teri Woy Teri. Yang nyanyi butiran debu....

Fokus.

Oke, kejadian tiri-tiri gitu juga banyak di drama Korea. Yang paling berasa ya di Cinderella Step Sister. Dari judulnya ajah udah ketauan. 


Selain di drama itu, cerita tentang saudara tiri juga berasa banget di drama Brilliant Legacy.


5) SAKIT

Semua makhluk di permukaan bumi ini juga pasti pernah sakit. 
Itu wajar. 
Rasa sakit bisa membuat seseorang itu belajar lebih kuat dan rendah hati. Manusia tahu porsi dirinya, kalau dia bukan Tuhan yang selalu Maha Kuat dan tidak pernah tidur. 

Endless Love itu adalah salah satu drama Korea yang bercerita tentang perjuangan seorang perempuan yang melawan penyakit Leukimianya atau Kanker sel darah putih. 

Selain Endless Love, Wonderfull Live juga bercerita tentang perjuangan seorang anak berusia 5 tahun yang berjuang melawan penyakit yang mematikan dan membuatnya menderita selama menjalani pengobatan. 



Alzheimer juga pernah diangkat di drama Korea A Thousand Day Promise. Dimana seorang wanita berumur 30 tahunan, tiba-tiba terserang Alzheimer yang begitu mengejutkannya. 



Yang menarik adalah, para tokoh yang mengidap penyakit atau keluarga dan orang-orang terdekatnya begitu tabah dan sabar. 

Satu hal : MEREKA TIDAK PERNAH MENGUTUK TUHAN. 

Mereka digambarkan cenderung pasrah, meskipun ada beberapa perlawananan kecil. Misalnya seperti menangis atau malah melampiaskan kegundahannya itu dengan mabuk-mabukan, khas drama Korea.

Dari Endless Love kita bisa belajar, bahwa hidup memang tidak sempurna. Lihat saja Eun Suh, dia dicintai dua pria tampan sekaligus. Begitu dicintai Ayah dan Ibunya juga. Bahkan Eun Suh, punya dua orang Ibu yang akan selalu ada untuknya. Tapi, disaat dia merasakan kebahagian-kebahagiaan itu, Eun Suh justru tidak bisa berlama-lama bersama mereka. Karna Eun Suh pada akhirnya harus pergi karna penyakit kankernya yang begitu parah.



Wonderfull Life juga mengajarkan kita tentang bertahan menahan rasa sakit. Bayangkan, anak sekecil itu harus menjalani proses-proses pengobatan yang menyakitkan. Wonderfull Life juga memberi contoh, bahwa seluruh orang tua dimana pun berada, jika melihat anaknya sakit atau menderita, semua orang tua akan melakukan hal yang sama : Melakukan Apapun Demi Kesembuhan Anaknya. Dari sini kita belajar, meskipun tergolong masih muda, kedua orang tua ini mampu menghadapi realita kehidupan dan berjuang bersama anaknya.

A Thousand Day Promise, juga merupakan drama Korea yang cukup menarik. Drama ini memang “Drama Banget”. Kenapa begitu? Karna di drama ini, hampir tidak ada adegan-adegan konyol khas drama Korea. Dari awal, siapapun yang menontonnya, pasti akan terasa disuguhkan kesedihan-kesedihan dan kesuraman-kesuraman yang mendalam. Yang mengejutkan adalah penyakit yang di derita So Ae, pemeran utama dalam drama ini. Terbilang masih muda, berusia 30 tahunan. Tapi dia sudah mengidap penyakir Alzheimer yang biasa diidap oleh orang tua berusia lanjut. So Ae, memang sempat melakukan penolakan dengan menangis sejadi-jadinya dan mabuk-mabukan dikamar. Tapi seiring berjalannya waktu, dia mulai menerima segala penyakitnya. Bisa dibilang, karna mengidap penyakit inilah, So Ae akhirnya bisa menikah sengan lelaki yang dicintainya. Dalam kasus penyakit Alzheimer, bukan hanya pengidapnya saja yang menderita, tapi orang-orang disekelilingnya juga menderita begitu banyak.

Kisah-kisah drama Korea tentang penyakit juga mungkin masih banyak. Tapi ketiga drama Korea diatas memang yang begitu menarik bagi saya. Menonton drama-drama seperti itu mampu membuat kita berderai air mata dan juga mengingatkan kita bahwa kesehatan adalah harta yang paling berharga. 

Ditambah lagi, kita adalah makhluk yang lemah, saat kita sakit, kita butuh pertolongan dari orang-orang terdekat kita dan butuh kekuatan dari Tuhan.

Untuk teman-teman yang membaca ini, yang mungkin sedang mengidap sebuah penyakit yang ringan ataupun berat, percaya yaaa, Tuhan itu Maha Adil. Tuhan gak akan memperlakukan kita diluar batas kemampuan kita. Dan saya selalu yakin, kalau setiap rasa sakit yang kita rasakan itu. Jika kita ikhlas dan bersabar, maka itu akan jadi peluluh dan peluntur dosa-dosa kita :’)

Stay Healthy !!! :’)

– To Be Continued –

3 komentar:

  1. Harus lebih banyak bersyukur sama Tuhan atas apa yang telah DIA berikan o:)

    BalasHapus
  2. Asli deh ane suka bahasa situ, asik :)))

    BalasHapus
  3. Biar ada hal yang menyakitkan, tapi drama Korea selalu indah. Dan keindahan itulah yang sangatsulit ditemukan di kehidupan nyata. Ada, tapi sangat sedikit.

    www.leeaenasian2016.blogspot.co.id

    BalasHapus